Kesuksesan Morning Person

Anda memiliki kesulitan untuk bangun di pagi hari? Dan sekarang Anda menyesal karena tidak bisa bangun lebih awal? Anda ingin berubah menjadi seorang morning person? Anda menemukan artikel yang tepat! *sudah mirip tagline iklan-iklan di televisi? ๐Ÿ˜†

Mari sama-sama kita renungkan. Kita semua memiliki waktu yang sama dalam satu hari, yaitu 24 jam, dan orang yang bangun lebih awal di pagi hari memiliki waktu yang lebih banyak untuk beraktivitas dan berkarya dibandingkan dengan orang yang bangun kesiangan. Tidak heran jika hampir semua orang yang sukses dan berhasil dalam hidupnya memiliki kebiasaan bangun cepat di pagi hari. Tetapi, orang yang bekerja di shift malam termasuk kriteria eksklusi dalam pernyataan sebelumnya ๐Ÿ˜€

Manfaat bangun lebih awal sungguh sangat besar. Jika Anda bangun pada pukul 05.00 pagi, tentu saja Anda bisa melakukan lebih banyak hal jika dibandingkan dengan orang yang baru bangun pada pukul 10.00 pagi. Jika hingga saat ini Anda masih sering bangun kesiangan, bukannya mustahil meraih kesuksesan, tetapi Anda akan tertinggal jauh dengan orang yang bangun lebih awal. Mengapa? Saya rasa tidak perlu saya jelaskan ๐Ÿ™‚

Sebelum bisa menjadi morning person, ada baiknya jika Anda mengetahui berapa kebutuhan tidur Anda tiap harinya. Rata-rata orang dewasa memiliki kebutuhan tidur sekitar 7 jam dalam sehari. Namun, itu hanyalah rata-rata karena sesungguhnya kebutuhan tidur tiap individu berbeda-beda. Bagaimana cara mengetahui waktu kebutuhan tidur Anda? Matikan semua alarm Anda sebelum tidur, catat waktu Anda mulai mencoba untuk tidur, kemudian mulailah tidur Anda. Bangunlah di pagi hari tanpa dibangunkan oleh alarm apa pun. Durasi tidur Anda saat itu adalah jumlah kebutuhan tidur Anda. Selain menghitung jumlah kebutuhan tidur, nilai juga kualitas tidur Anda. Catat apakah Anda sempat terbangun di tengah waktu tidur Anda. Hal ini penting untuk menilai apakah masalah sulit bangun pagi Anda disebabkan oleh gangguan tidur.

Lakukan hal di atas selama satu minggu berturut-turut untuk mendapatkan waktu rata-rata kebutuhan tidur Anda per harinya. Demi kenyamanan Anda dan juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, lakukanlah hal tersebut saat Anda memiliki waktu libur atau bebas deadline selama seminggu penuh. Anda pasti tidak ingin terlambat pergi ke sekolah atau ke tempat kerja karena terlambat bangun pagi akibat tidak menghidupkan alarm ๐Ÿ˜€

Sudah mendapatkan jumlah rata-rata kebutuhan tidur Anda? Sekarang mari kita mulai langkah-langkah untuk menjadi morning person. Saya akan membahasnya dalam dua bagian, yaitu langkah persiapan tidur di dalam hari dan siasat bangun di pagi hari.


Persiapan tidur di malam hari

Pasang niat dan tekad yang kuat untuk bangun pagi

Bulatkan tekad Anda sejak malam hari untuk bangun cepat di pagi hari. Niatkan diri Anda dan berikan alasan mengapa Anda harus bangun cepat. Contohnya,

โ€œSaya harus bangun cepat besok pagi karena ingin menjadi orang yang suksesโ€
โ€œSaya harus bangun cepat besok pagi agar bisa shalat Shubuh berjamaah di masjidโ€
โ€œSaya harus bangun cepat besok pagi karena ingin jogging pagi bersama gebetanโ€

Saya ingat bahwa dulu saya sering melakukan hal seperti ini ketika kuliah. Sebagai contoh, suatu ketika saya masih terjaga hingga pukul 02.00 dini hari karena baru selesai mengerjakan tugas dan pukul 04.30 pagi harus sudah berada di rumah sakit untuk follow-up pasien. Dengan modal niat โ€œsaya harus bangun pukul 04.00 pagi karena tidak ingin dimarahi oleh konsulenโ€, saya berhasil terbangun pada pukul 04.00 dan tiba di rumah sakit pada pukul 04.30 *ini hanya contoh, tidak untuk ditiru ๐Ÿ˜€

Saya rasa Anda pasti pernah melakukan hal ini dan tidak jarang membuahkan hasil yang diharapkan: Anda bisa terbangun lebih awal karena memiliki alasan yang kuat untuk bangun di pagi hari.

Tidur lebih awal

Logika yang sederhana: Anda harus tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal. Jangan terlalu berharap Anda bisa bangun pada pukul 04.00 pagi jika Anda baru memulai tidur pada pukul 02.00 dini hari. Bukannya tidak mungkin, peluang bisa bangun pukul 04.00 pagi jika mulai tidur pukul 02.00 dini hari sangat sedikit. Kasus saya sebelumnya mungkin bisa dibilang keberuntungan.

Selain itu, usahakan pula tidur secara teratur. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malamnya. Anda bisa menyesuaikan waktu tidur Anda dengan jumlah kebutuhan tidur rata-rata yang telah Anda ketahui dari eksperimen kita sebelumnya.

Ciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman

Suasana yang tenang dan nyaman dapat membantu Anda untuk tidur. Redupkan lampu kamar tidur Anda karena lingkungan tidur yang redup dapat membantu pelepasan hormon tubuh yang membuat Anda mengantuk. Hindari cahaya yang terlalu terang, alkohol, dan juga minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Pastikan suasana kamar tidur Anda sudah nyaman: jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Anda dapat menghidupkan kipas angin atau air conditioner (AC) jika terlalu panas dan menggunakan selimut jika terlalu dingin.

Setting alarm dengan cerdas

Tidak bisa dipungkiri bahwa alarm dapat membantu kita untuk bangun di pagi hari. Persiapan alarm yang cerdas akan membantu Anda bangun dengan baik di pagi hari. Pasang alarm Anda lebih cepat dari jadwal waktu bangun yang Anda inginkan. Jika Anda ingin bangun pada pukul 06.00 pagi, setting alarm sebelum pukul 06.00 pagi, yaitu pukul 05.30 pagi atau 05.45 pagi. Kemudian, letakkan alarm Anda cukup jauh dari jangkauan Anda sehingga Anda harus bangun dan beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya. Tetapi, pastikan jangan terlalu jauh agar suara alarm masih bisa terdengar dengan jelas. Tentunya meletakkan alarm di luar kamar tidur atau bahkan di luar rumah sangat tidak disarankan. Kehilangan jam alarm atau handphone Anda tidak menjadi tanggung jawab saya ๐Ÿ˜› Beberapa orang memasang banyak alarm dalam waktu yang cukup berdekatan untuk membuatnya bolak-balik mematikan alarm hingga akhirnya capek sendiri dan memilih untuk tidak tidur lagi ๐Ÿ˜€

Tidur tanpa beban

Pastikan diri Anda sudah benar-benar siap untuk tidur. Persiapkan segala perlengkapan untuk aktivitas pagi Anda sejak malam hari agar Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempersiapkannya saat baru terbangun di pagi hari. Pilih dan persiapkan pakaian yang akan Anda gunakan besok pagi, masukkan semua perlengkapan ke dalam tas Anda, dan pastikan semua bahan untuk sarapan sudah siap. Pikiran Anda pun akan menjadi lebih tenang. Sediakan waktu sekitar satu jam di malam hari untuk bersiap-siap berangkat ke alam bawah sadar Anda. Jangan lakukan pekerjaan apa pun dan jangan pikirkan masalah apa pun selama satu jam itu. Biarkan diri Anda tidur dengan sendirinya dalam keadaan tanpa beban ๐Ÿ™‚


Siasat bangun di pagi hari

Bagaimana tidur Anda malam tadi? Sudah puas dengan tidur Anda? Sekarang saatnya untuk bangkit dari tidur nyenyak Anda dan memulai aktivitas pagi. Hal-hal berikut ini bisa Anda lakukan agar dapat bangun dengan keadaan siap untuk beraktivitas, tidak sekedar menekan tombol โ€œtundaโ€ pada alarm Anda dan mulai tidur kembali.

Matikan alarm dan kemudian …

Seharusnya Anda sudah beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm. Pastikan Anda mematikan alarm Anda, bukan menekan tombol โ€œtundaโ€ dan kembali berbaring di atas tempat tidur. Hidupkan lampu di kamar tidur Anda dan rapikan tempat tidur Anda. Kemudian bilas wajah Anda dengan air. Jika Anda seorang Muslim, Anda dapat mengambil wudhu dan kemudian menunaikan ibadah. Minum segelas air setelah bangun tidur dapat membantu rehidrasi tubuh Anda yang tidak terpapar air selama tidur.

Lakukan aktivitas fisik ringan sebelum memulai pekerjaan

Rutinitas pagi dapat membantu Anda lebih siap menjalani pekerjaan Anda. Aktivitas fisik ringan, seperti peregangan otot-otot, senam ringan, jalan kaki, jogging, atau membersihkan halaman rumah, sebelum berangkat kerja dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat Anda lebih segar di pagi hari.

Santap sarapan di pagi hari

Anda mungkin ingat slogan sarapan yang dulu sering muncul di televisi, โ€œsarapan sehat sebelum jam 09.00 pagiโ€. Sarapan pagi merupakan sumber energi utama di pagi hari sehingga sangat dianjurkan untuk tidak melewatkannya. Sarapan pagi membuat Anda memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas hingga waktu makan siang.

Komitmen untuk tetap bangun pagi

Setelah Anda sudah bisa bangun cepat di pagi hari, komitmen Anda sebagai morning person harus tetap terjaga. Anda harus tetap tidur teratur di malam hari dan bangun di pagi hari walaupun Anda sedang libur. Kebiasaan Anda akan menjadi kacau jika Anda mulai lalai di hari libur.


Sekian tulisan saya tentang tips menjadi seorang morning person. Ya, perubahan tidak akan bisa dirasakan dalam waktu singkat. Yang namanya kebiasaan perlu dibentuk melalui komitmen dan rutinitas yang dilakukan dalam jangka panjang, tidak terjadi secara instan seperti menyantap mie instan yang direndam beberapa menit dalam air hangat.

Sampai jumpa di bawah indahnya terik matahari pagi ๐Ÿ™‚


Referensi

  1. Gumper B. How to become a morning person. Available from: https://www.fitnessmagazine.com/health/sleep/become-a-morning-person/
  2. Cara menjadi orang yang mudah bangun pagi. Diakses pada: https://id.wikihow.com/Menjadi-Orang-yang-Mudah-Bangun-Pagi

2 thoughts on “Kesuksesan Morning Person”

  1. Meski kebanyakan orang berharap morning person adalah arti menyambut awal kehidupan baru…Namun faktanya banyak yang selalu kesiangan..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Leave a Reply