Debat Trending Topic – Introduction

Setelah posting teka-teki sebanyak 9 kali berturut-turut, kali ini saya akan move-on ke konten yang lain. Saya berencana untuk membuat kategori tulisan baru, yaitu Debat Trending Topic. Kategori ini saya buat karena baru-baru ini saya melihat banyaknya trending topics beredar di dunia maya yang memancing pro-kontra dan saya memiliki opini sendiri yang cukup membuat saya tidak tenang jika tidak saya keluarkan 😐

Saya percaya bahwa pernyataan apa pun dapat memicu pro dan kontra dari berbagai pihak, tergantung dari sudut pandang masing-masing orang yang tentunya sangat bervariasi. Bahkan, suatu hal yang dilihat banyak orang sebagai hal positif masih saja mendapatkan “cibiran” negatif dari beberapa orang. Begitu juga sebaliknya.

Satu contoh topik debat saat SMA yang masih saya ingat hingga sekarang adalah praktik euthanasia yang dilakukan oleh tenaga medis untuk mengakhiri hidup seseorang. Jika dilihat sekilas, tindakan euthanasia merupakan tindakan “pembunuhan” yang dilakukan oleh tenaga medis. Hidup dan matinya seseorang merupakan takdir yang sudah ditentukan bahkan sebelum roh masuk ke dalam raga. Tindakan euthanasia yang secara sengaja dilakukan untuk mengakhiri hidup seseorang tentu saja menentang takdir dan melanggar hak asasi manusia untuk hidup.

Namun, lain halnya dengan pasien-pasien yang mengidap kondisi penyakit terminal dimana hampir dapat dipastikan tidak ada harapan lagi untuk hidup. Bisakah Anda membayangkan bagaimana rasa sakit yang terus-menerus ditahan oleh para pengidap penyakit terminal? Semua tindakan pengobatan yang direkomendasikan oleh tenaga medis telah dilakukan, namun rasa sakit tersebut tidak dapat hilang dan tidak ada tanda-tanda perbaikan yang signifikan. Tidak sedikit pasien yang akhirnya putus asa dan mengatakan lebih baik mati daripada menahan rasa sakit lebih lama lagi. Disinilah tindakan euthanasia tersebut memainkan perannya.

Setahu saya, tindakan euthanasia ini masih menjadi isu yang kontroversial di Indonesia sehingga euthanasia tidak umum dilakukan oleh tenaga medis di Indonesia. Hal ini karena tindakan euthanasia memiliki dampak yang sangat besar, yaitu nyawa dari pasien, sehingga tidak bisa seenaknya dilakukan begitu saja. Euthanasia harus dilakukan dengan dasar hukum yang sangat kuat untuk menghindari masalah-masalah yang dapat muncul di kemudian hari.

Penjelasan di atas adalah gambaran pro dan kontra dari sebuah topik dalam debat. Masing-masing orang pasti akan cenderung ke salah satu sisinya, baik pro maupun kontra. Menurut saya, tidak ada sisi yang 100% benar dalam topik debat karena tidak mungkin pro-kontra bisa muncul jika kebenaran mutlak sudah didapatkan. Namun, kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk satu pikiran dengan kita, apalagi jika memaksakan opini dengan kata-kata kasar dan ancaman.

Saya sebenarnya menyukai debat ketika SMA karena saya lebih suka berpikir daripada bertindak sehingga saya lebih suka berperan di balik layar 😀 Namun, ekstrakurikuler debat yang ada ketika saya SMA adalah debat bahasa Inggris. Memikirkan argumentasi untuk topik debat saja sudah susah, apalagi untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris? -_- Oleh karena itu, saya memutuskan untuk undur diri 😆

Semoga blog ini bisa menjadi tempat bagi saya untuk menyalurkan opini terhadap trending topics di kehidupan kita dan juga tempat bagi kita untuk “berdebat” dengan baik. Sampai jumpa di Debat Trending Topic berikutnya 😀

1 thought on “Debat Trending Topic – Introduction”

  1. Akhirnya bisa kunbal meski mainnya di rumah baru. Soal debat suatu topik itu menunjukkan dinamika pemikiran sendiri, Saya juga tak suka debat kasar yang disertai ancaman, itu tak demokratis. Hidup ini punya beragam opini dari setiap persona. Seperti euthanasia, Selalu ada kemungkinan untuk melegalkan atau ditentang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *