Teka-Teki #008 – Buka-Tutup Loker

Seluruh mahasiswa Universitas Fajar Harapan berjumlah 2019 orang. Masing-masing orang memiliki lokernya sendiri dan loker tersebut dinomori secara berurutan dari nomor 1 hingga 2019. Pada hari itu, universitas mengadakan sebuah permainan besar-besaran yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Permainan itu diberi nama “Buka-Tutup Loker”.

Awalnya seluruh pintu loker tertutup. George, mahasiswa dengan nomor loker 1, membuka semua loker. Sekarang jelas bahwa semua pintu loker terbuka. Hitler, mahasiswa dengan nomor loker 2, menghampiri semua loker yang bernomor kelipatan 2 dan mengubah keadaan pintu loker yang dihampirinya. Sebagai contoh, pintu loker yang dihampirinya adalah 2, 4, 6, 8, dan seterusnya. Awalnya, pintu-pintu loker ini terbuka. Ketika Hitler menghampiri loker tersebut, ia harus mengubah keadaan pintu loker dari terbuka menjadi tertutup.

Pemain selanjutnya adalah Suyono yang memiliki nomor loker 3. Ia menghampiri semua loker yang bernomor kelipatan 3 dan mengubah keadaan pintu loker yang dihampirinya. Jadi, pintu loker yang dihampirinya adalah 3, 6, 9, 12, dan seterusnya. Pintu loker 3 tadinya terbuka sehingga Suyono harus menutupnya. Pintu loker 6 sebelumnya tertutup karena Hitler menutupnya. Jadi, Suyono harus membuka loker tersebut.

Begitu seterusnya hingga mahasiswa ke-2019. Intinya, mahasiswa menghampiri loker bernomor kelipatan dari nomor loker miliknya. Ketika loker tersebut dihampiri, mahasiswa tersebut harus mengubah keadaan pintu lokernya. Jika tadinya tertutup, ia harus membukanya. Jika tadinya terbuka, ia harus menutupnya.

Setelah semua mahasiswa mendapatkan giliran bermain, ada berapa loker yang terbuka? Loker nomor berapa sajakah itu?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

Leave comment