Teka-Teki #013 – Lampu dan Saklar

Alkisah, Petruk ditantang oleh seorang teman di tempat kerjanya. Tempat kerjanya itu adalah sebuah gedung yang bertingkat 7 lantai. Petruk dan temannya itu sekarang berada di lantai dasar. Temannya menjelaskan bahwa di lantai dasar ini terdapat 3 buah saklar yang terhubung dengan 3 buah lampu yang ada di lantai 7. Jika sebuah saklar disambungkan, maka tepat sebuah lampu di lantai 7 juga akan menyala.

Tantangan untuk Petruk sederhana. Saklar di lantai dasar sudah diberi label saklar A – B – C dan lampu di lantai 7 diberi tanda 1 – 2 – 3. Petruk diminta untuk menentukan tiap-tiap saklar terhubung dengan lampu yang mana di lantai 7. Di gedung ini tidak terdapat lift. Setelah Petruk bereksperimen dengan saklar yang ada di lantai dasar, Petruk dan temannya akan naik ke lantai 7 dan Petruk sudah harus bisa menunjukkan kepada temannya masing-masing lampu terhubung dengan saklar yang mana.

Setelah sampai di lantai 7, Petruk tidak boleh turun kembali. Selain karena melelahkan, inilah tantangannya. Petruk juga hanya diberi waktu selama 10 menit untuk bereksperimen di lantai dasar dan temannya selalu mengawasi apa pun yang Petruk lakukan.

Petruk bukanlah orang yang ahli dalam memecahkan teka-teki sehingga ia meminta bantuan kepada para pembaca sekalian untuk menyelesaikan tantangan dari temannya. Bagaimanakah caranya agar Petruk dapat mengetahui pasangan yang tepat dari masing-masing lampu dan saklar?

Catatan: semua tokoh, watak, dan kejadian di atas hanyalah rekayasa. Jika ada kesamaan dengan kejadian yang asli, saya mohon maaf karena saya tidak berniat untuk menulis ulang kejadian tersebut.

Leave comment

%d bloggers like this: