Lanjut atau Pensiun Blogging?

Pertanyaan di atas muncul begitu saja hari ini ketika pikiran ini dilanda kebuntuan dalam menemukan ide tulisan. Saya sudah mengelola blog sejak tahun 2009 dan mungkin ini kali pertama pertanyaan tersebut melintas di pikiran saya. Langkah awal saya menapaki blogosphere sudah saya ceritakan sebelumnya dalam tulisan yang berjudul Kenangan Blogging Masa Lalu.

Sungguh tidak terasa ternyata masa-masa itu sudah berlalu 10 tahun lamanya. Mengapa pertanyaan itu hinggap sekarang? Saya akui bahwa blogging itu memang sulit: memikirkan ide tulisan, menyusun alur tulisan yang enak dibaca, mengatur blog agar dapat “berteman baik” dengan search engine, dan banyak tantangan lainnya. Bahkan, saya belum mendapatkan hasil apa pun dari mengelola blog selama 10 tahun itu. Berat! Saya tidak kuat, biar kalian saja *eh -_-

Namun, tantangan berat itulah yang membuat saya tertarik dan mampu bertahan. Saya pernah bilang bahwa kerumitan blog itulah yang membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan media sosial lainnya. Saya tidak akan merasa puas jika isi pikiran saya dituangkan ke dalam sebuah status atau cuitan di media sosial. Saya harus menuliskannya menjadi sebuah tulisan baru dalam blog, lalu membagikannya dengan bangga di media sosial. Tetapi, feedback yang didapatkan tidak pernah sesuai ekspektasi saya. Apakah mungkin ekspektasi saya yang terlalu tinggi?

Apakah mungkin 10 tahun adalah batasnya? Benarkah daya tahan saya menghabiskan waktu di dunia blog yang tak kunjung menghasilkan ini hanya sampai 10 tahun? Entahlah. Saya sendiri belum menemukan jawabannya. Mungkin saya akan hiatus (lagi) hingga waktu tertentu yang tidak dapat ditentukan. Ya, hingga saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Terima kasih atas banyak dukungan dan waktu yang telah diberikan oleh para pembaca sekalian di semua blog yang pernah saya kelola. Support dari kalian semua juga yang telah membantu saya bertahan hingga saat ini, hingga 10 tahun lamanya. Terima kasih banyak!

Sampai jumpa di lain waktu. Semoga ini bukanlah “sampai jumpa” terakhir yang saya tuliskan di dalam blog ini. Begitulah harapan saya, tetapi kita semua sebagai makhluk-Nya tidak akan pernah bisa menjamin apa yang terjadi di masa yang akan datang 🙂

Leave comment